Gaya Hidup? Pola Hidup? Cara Hidup?

Mariska Lubis

MARISKA LUBIS

BUKAN tiga-tiganya menurut saya. Pola pikir jauh lebih tepat. Semua tergantung bagaimana kita melihat, menerima, dan memikirkannya, kan? Ini hanya masalah permainan kata saja.

“Mulai hari ini saya mencoba gaya hidup yang baru. Yang lebih sehat dan lebih bermanfaat.”
“Seperti?”
“Saya mau ikutan fitness. Mulai jadi vegetarian. Bergabung dengan kelompok pecinta lingkungan. Back to nature, deh!”
“Canggih, ya!”
“Kok canggih?! Memangnya hape?”
“Lho, ini kan trend mutakhir, terdepan, dan masa kini?”
“Ya, tapi beda dong! Masa disamakan dengan teknologi, sih?”
Gubraaaakkkkk!!!!

Pusing saya. Kepala, nih, rasanya campur aduk Ya nyut-nyutan, ya gatal, ya kacau…. Apa, sih, maunya kaum metropolis ini? Bingung saya.

Hidup sehat adalah penting. Olahraga teratur. Diet yang sehat dan seimbang. Banyak minum air putih. Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Semuanya penting banget! Bukan hanya untuk diri sendiri saja, tetapi juga bagi orang lain, makhluk lain, dan seluruh yang ada di dunia ini.

“Sebenarnya kenapa, sih, kamu mau jadi vegetarian? Bukan karena agama kamu, kan?”
“Bukan, tapi… pengen aja!”
“Pengen apa?”
“Pengen sehat.”
“Sehat gimana?”
“Sayur dan buah-buahan, kan, sehat banget lagi?!”
“Biarpun yang mengandung pestisida?”
“Ya, yang organik, dong!”
“Mahal, gila!”
“Memang mahal kalau mau jadi sehat!!!”
Duuuuuhhhhhh!!!!

Tambah pening, deh! Bagaimana nasib mereka yang ada di daerah kemiskinan dan kemelaratan, ya? Apa mereka nggak bisa sehat juga?

Buat saya, sehat itu nggak harus mahal. Jalan kaki gratis. Menanam sayur sendiri bisa. Tanpa pestisida, tanpa obat-obatan kimia. Kalau beli pun, masih bisa dicuci yang bersih dulu sebelum dimakan. Menjaga lingkungan? Buang sampah di tempatnya. Memakai air secukupnya. Menanam pohon dan tanaman di pekarangan rumah. Jangan semua tanah dihabisin buat bangunan! Kan, murah jadinya?

Trend sudah bikin kacau saja. Semua maunya jadi trend-setter. Paling nggak ikutan nge-trend, deh! Jadul banget kesannya kalau nggak nge-trend. Aneh! Kesehatan, kok, jadi gaya hidup? Memang gaya, ya, kalau fitness di tempat mahal? Yakin sehat??? Jadi aktivis lingkungan memangnya keren, ya? Sudah buang sampah di tempatnya belum?

Sudah seperti operasi ceasar saja. Sebegitu nge-trendnya, sampai banyak sekali perempuan yang memaksakan diri memilih melakukan operasi caesar tanpa ada alasan medis yang masuk di akal. Begitu juga dengan memilih memberikan air susu kalengan yang mahal dan katanya banyak mengandung vitamin itu, dan justru malah menghindari memberikan air susu ibu yang jauh lebih sehat dan bergizi. Apanya yang sehat, ya? Keren? Nggak juga, tuh! Bergengsi? Boros kalau menurut saya.

Ya, tapi terserahlah. Ini semua, kan, tergantung dari pandangan hidup masing-masing dan pola pikir masing-masing. Saya hanya bisa mengungkapkan apa yang jadi pandangan hidup saya saja sekaligus rasa keprihatinan yang sangat mendalam atas perilaku masyarakat sekarang ini. Mensana in corpore sano, lah! Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Bisa berpikir sehat dan bermental sehat pula.

Tapi…, susah juga, ya, kalau mereka merasa sehat? Pusing, ah! Lieur!!!

Halo, Bu Menkes!!! Gimana, dong? Butuh pencerahan, nih!(ASA)

Salam,

MARISKA LUBIS

~ oleh Mariska Lubis pada Oktober 6, 2009.

3 Tanggapan to “Gaya Hidup? Pola Hidup? Cara Hidup?”

  1. Bu menkesnya lagi sibuk bu, ngurusin gempa sambil wondering apakah masih katut kabinet nanti.
    Menurut saya sih, Allah benar-benar maha adil. Dia memberi standar hidup sehat sesuai kadarnya. Anak-anak kampung, dengan makan singkong dan minum air sawah (disaring pake ujung baju) saja bisa sehat, bisa berprestasi. Mereka gak pernah berpikir, kecerdasan bisa ditunjang susu dgn kadar AA atau DHA. Orang tuanya juga sehat2, umurnya panjang2, padahal gak pernah minum susu berkalsium tinggi. Jadi sebenarnya bagaimana cara hidup sehat itu lbh banyak dipengaruhi pola pikir kita sendiri.
    Tentu jadi masalah ketika orang miskin punya pola pikir ttg kesehatan seperti orang2 kaya… kalau sebaliknya sih saya kira gak ada masalah…

    Salam
    ARG

  2. […] Gaya Hidup? Pola Hidup? Cara Hidup? […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: